Blog JEV

5 Tips Mengoptimalkan Adobe Premiere Pro untuk Performa Terbaik

Adobe Premiere Pro CC tentu saja bukan NLE paling stabil atau bebas glitch di pasaran, namun merupakan salah satu tawaran perangkat lunak editing video tercepat, terkuat, dan ramah codec. Namun, bagaimana pun juga, dalam sebuah pekerjaan kita dituntut untuk bekerja cepat dengan hasil terbaik. Oleh sebab itu, performa optimal sebuah alat adalah kunci utamanya. Berikut 5 tips sederhana agar Adobe Premiere Pro anda berjalan optimal tanpa kendala.

  1. Aktifkan Pratinjau GPU

Premiere bisa melihat video secara realtime dengan 3 cara berbeda: CPU (hanya perangkat lunak), OpenCL (kartu grafis AMD), dan CUDA (kartu grafis Nvidia). Secara default, perangkat lunak hanya dipilih karena tidak semua sistem memiliki kartu grafis. Jika sistem Anda tidak memiliki GPU khusus (kartu grafis) maka Anda tidak dapat memilih opsi Percepatan GPU dan Anda akan dipaksa untuk tetap menggunakan pengaturan Software Only bawah standar.

Jika Anda memiliki GPU khusus, yang pasti lebih baik, maka Anda harus memilih opsi Percepatan GPU. Untuk mengubah setting ini masuk File / Project Settings / General … lalu gunakan menu dropdown Renderer untuk pilihan anda. Jika Anda memiliki GPU AMD lalu pilih OpenCL rendering. Jika Anda memiliki GPU Nvidia maka pilih CUDA.

Perhatikan bahwa GPU Nvidia dengan core CUDA akan memiliki kinerja yang lebih baik sehingga pasti membeli kartu yang memiliki jumlah core CUDA tertinggi yang dapat Anda gunakan. Juga, jika Anda memiliki GPU Nvidia, maka pastikan untuk menginstal driver CUDA dan tetap up to date.

  1. Letakkan Media Cache ke Drive yang Berbeda dari OS

Secara default, file Media Cache Anda disimpan pada drive OS Anda. Ini bekerja dengan baik dan semua, tapi kinerjanya tidak optimal karena Anda ingin drive OS Anda difokuskan untuk memberikan kinerja baca/tulis terbaik ke OS dan aplikasi Anda.

Alih-alih mengalokasikan sumber daya berharga ini ke drive OS Anda, pindahkan Cache Anda ke drive yang terpisah. Ketika membangun sistem, kami selalu mendedikasikan SSD 500GB secara ketat untuk keperluan cache dan saya mengarahkan file cache ke drive itu. Semakin cepat drive cache, semakin baik. Jadi coba gunakan SSD atau lebih baik SSD M.2. Jika Anda bersikeras menggunakan disk drive yang berputar maka setidaknya gunakan drive 7200rpm.

  1. Turunkan Preview Resolution jika Diperlukan

Premiere melakukan yang terbaik untuk melihat pratinjau waktu Anda secara realtime sehingga Anda tidak perlu menukar kode video Anda atau menunggu pratinjau render. Namun, meski dengan komputer dan GPU yang cepat, terkadang apa yang Anda lakukan dalam timeline Anda masih terlalu banyak untuk ditangani dan Anda akan melihat video yang gagap dan kinerja yang lamban.

Jika ini terjadi, cobalah mengurangi resolusi pratinjau Anda yang ada di jendela Monitor Program Anda. Melakukan hal ini biasanya diperlukan untuk rekaman RAW; kecuali jika Anda memiliki sistem yang luar biasa! Selanjutnya, kecuali jika monitor program Anda ditampilkan dalam layar penuh, biasanya tidak perlu melakukan pratinjau dengan resolusi penuh karena monitor Anda mungkin juga tidak dapat menampilkan semua piksel video (misalnya monitor pratinjau timeline Anda hanya menempati bagian kanan atas dari layar komputer).

  1. Nonaktifkan Klip Saat Tidak Dipakai

Premiere mempratinjau lapisan track video teratas dari timeline Anda. Ini beralasan bahwa jika Anda memiliki beberapa klip di trek video di bawah lapisan atas maka kinerja seharusnya tidak terpengaruh karena hanya lagu teratas yang dipratinjau bukan? … SALAH! Bahkan klip di bawah jalur video lapisan atas menggunakan sumber daya sistem dan akan memperlambat kinerja.

Alih-alih merusak dan menghapus klip ini, cukup klik kanan dan hapus centang pada opsi Enable untuk menonaktifkan klip tersebut. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat menggunakan klip ini lagi jika Anda memilihnya dengan mengaktifkannya kembali; Tapi sementara itu tidak akan mengambil sumber daya dan memperlambat pratinjau timeline Anda.

Tip: gunakan pintasan keyboard cmd + shift + e (ctrl + shift + e pada Windows) untuk mengaktifkan dan menonaktifkan klip alih-alih mengklik kanan.

  1. Edit dalam Urutan sesuai dengan Pengaturan Footage Anda

Premiere melakukan yang terbaik saat melihat pratinjau urutan yang sesuai dengan sifat asli rekaman Anda. Oleh karena itu, ketika Anda membuat urutan Anda, Anda harus klik kanan pada klip yang diimpor dan pilih New Sequence From Clip.

Premiere kemudian akan membuat urutan baru yang sesuai dengan resolusi, codec, dan frame rate klip Anda. Mungkin Anda berpikir “Tapi saya suka membuat urutan 1080p dan mengimpor video 4K saya sehingga saya bisa menurunkannya untuk membingkai ulang.” Melakukan ini adalah praktik yang hebat dan tentunya jauh lebih baik daripada upscaling. Tapi semua downscaling itu menghasilkan kinerja di Premiere.

Sebagai gantinya, saya sarankan untuk melakukan semua suntingan Anda dalam resolusi asli dan kemudian Anda siap untuk melakukan reframe Anda, buat urutan 1080p baru dan salin dan tempel konten dari urutan asli Anda ke urutan 1080p baru Anda. Kemudian lakukan semua reframes Anda karena pada saat itu Anda tidak akan peduli jika video Anda gagap karena semua suntingan Anda selesai dan Anda hanya fine-tuning.

Itulah 5 hal yang bisa anda lakukan agar editing menggunakan Prmiere lebih lancer tanpa kendali. Meskipun Adobe Premiere Pro merupakan software editing terbaik, namun membuatnya sesuai dengan kebutuhan kita memerlukan sedikit usaha penyesuaian.

Selamat mencoba.

Jasa Edit Video Depok  | Jasa Edit Video Bogor| Jasa Edit Video Bali | Jasa Edit Video Jakarta Selatan

====================================================

incoming search :

jasa edit video, jasa edit video jakarta, jasa edit video murah, jasa edit video vlog, jasa edit video bandung, jasa edit video online, jasa edit video jogja, jasa edit video jakarta timur, jasa edit video bekasi, jasa edit video bogor, jasa edit video youtube, jasa edit video harga, jasa edit video di solo, jasa edit video di bandung, jasa edit video surabaya, jasa edit video bali, jasa edit video di malang, jasa edit video semarang, jasa edit video jakarta selatan, jasa edit video tangerang, jasa edit video depok, alamat jasa edit video, jasa edit video bsd, jasa edit video batam, jasa edit video di bali, jasa edit video di jakarta barat, jasa edit video di bekasi, jasa edit video di bogor, jasa edit video di batam, biaya jasa edit video, jasa edit video cibubur, jasa edit video cikarang, jasa edit video di cirebon, jasa edit video clip, jasa edit video di surabaya, jasa edit video di jakarta, jasa edit video di yogyakarta, jasa edit video di jakarta timur, jasa edit video denpasar, jasa edit video di makassar, jasa edit video di semarang, jasa edit video di medan, jasa edit video di palembang, jasa edit video di kota malang, jasa edit video di denpasar, jasa edit foto dan video, jasa edit video kelapa gading, harga jasa edit video jakarta, harga jasa edit video surabaya, harga jasa edit video pernikahan, harga jasa edit video wedding, jasa edit video di depok, jasa editing video di tangerang, jasa editing video di jakarta pusat, jasa edit video jakarta utara, jasa edit video jakarta pusat, jasa edit video wedding jakarta, jasa edit video di jakarta pusat, jasa edit video kaskus, jasa edit video malang, jasa edit video murah di bandung, jasa edit video medan, jasa edit video murah surabaya, jasa edit video makassar, jasa edit video stop motion, jasa edit video pekanbaru, jasa edit video palembang, jasa edit video rawamangun, jasa edit video solo, jasa edit video samarinda, jasa edit video sidoarjo, terima jasa edit video, tarif jasa edit video, tempat jasa edit video, jasa edit video wedding, jasa edit video yogyakarta, jasa editing video di jakarta selatan, jasa edit video jakarta barat, jasa edit video murah jakarta,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 085747004704