Blog JEV

10 Tips Mengambil Video Layaknya Videografer Pro

Shooting video dokumenter adalah gabungan dari teknik dan insting yang bagus. Bergantung pada jenis dokumenter yang kamu syuting, kamu mungkin harus terus-menerus merekam “mengikuti setiap gerakan objek” atau semuanya mungkin sudah direncanakan sebelumnya? – misalnya dokumenter tentang sejarah suatu tempat yang akan banyak muncul “kepala berbicara” di video saat wawancara.

Apapun jenis dokumenter atau video yang kamu buat, berikut beberapa tip dasar yang harus dipahami.

1. Steady Eddie
Jaga agar kamera tetap stabil. Jika memungkinkan, gunakan tripod. Jangan terus-menerus memperbesar & memperkecil atau menggeser kanan ke kiri. Secara umum, setidaknya: 10 dari setiap tembakan. Biarkan aksi dalam bingkai berbicara sendiri. Kamu akan berterima kasih pada diri sendiri begitu kembali ke ruang editing.

2. Wide, Medium, Close-up
Untuk setiap adegan atau acara yang Anda bidik, pastikan untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda sehingga Anda memiliki pilihan dalam proses editing. Misalnya, jika Anda merekam demo, dapatkan sudut pandang seluas mungkin (mungkin di atas sebuah bangunan yang menghadap ke bawah pada kerumunan orang), kemudian dapatkan close-up wajah di kerumunan dan kemudian beberapa gambar medium orang dari lantai dasar. Sekali lagi, jangan lupa: 10 aturan untuk merekam setiap tembakan.

3. Apa yang ada di belakang?
Saat Anda memotret wawancara atau pidato, pastikan untuk memperhatikan apa yang ada di latar belakang. Anda bisa memindahkan kamera untuk mendapatkan sudut terbaik, pindahkan subjek di depan latar belakang yang bagus atau buat latar belakang yang baru. Tanyakan pada diri Anda, apakah latar belakang ini “mendukung” cerita ini secara visual? “Apakah latar belakang yang baik untuk apa yang sedang dibahas?

4. Timelapse
Selang waktu adalah salah satu cara yang paling visual dan menyenangkan untuk menangkap suatu peristiwa atau cerita. Sebelum menuju pemotretan, pikirkan apakah ceritanya bisa dipinjamkan ke selang waktu tertentu. Berbagai kamera video akhir-akhir ini dilengkapi dengan setting time-lapse khusus. Jika tidak, cukup atur kamera di tripod dan biarkan berguling. Anda selalu bisa mempercepat rekaman dalam mengeditnya nanti.

5. Pencahayaan
Aturan yang sama berlaku untuk fotografi, berlaku untuk videografi. Selalu pastikan subjek Anda cukup terang (tapi tolong, jangan “over-lit”). Sebagai contoh, jangan meletakkan subjek wawancara dengan punggung mereka ke matahari. Atau jangan meletakkannya di bawah pohon rindang dengan pemandangan terang di latar belakang.

6. Mengantisipasi tindakan
Inilah salah satu pelajaran yang hampir tidak bisa diajarkan. Ini adalah keterampilan yang berkembang secara naluriah semakin banyak Anda menembak. Begitu Anda melewatkan beberapa “tembakan uang”, Anda akan belajar untuk mulai memperhatikan. Contoh sederhana dari ini adalah pertandingan bisbol. Jika Anda ingin menangkap pemain yang memukul bola, Anda perlu mengantisipasi momen itu dan mulai merekam beberapa detik atau beberapa menit sebelumnya. Setelah Anda menyadari bola telah bernada, sudah terlambat. Anda telah melewatkan momen ini.

7. Bingkai itu seperti gambar
Di sinilah ekspresi dan gaya artistik ikut bermain, namun secara umum, gunakan gaya pembingkaian standar dan aturan pertiga dalam fotografi.

8. Dimana mic anda?
Banyak videografer amatir atau pembuat film anggaran tidak memiliki kemewahan memiliki teknologi audio untuk mengadakan mikrofon boom untuk mereka. Seringkali dalam pembuatan film anggaran, Anda mengandalkan mikrofon di atas kamera Anda untuk suara. Jika demikian, Anda harus selalu sadar di mana mikrofon itu relatif terhadap suara yang ingin Anda potret. Jika seseorang berbicara, Anda harus memiliki kamera yang sangat dekat dengan orang itu, jika tidak, akan mengganggu jika pemirsa merasa tertekan mendengar apa yang mereka katakan. Kenyataannya adalah bahwa mendapatkan suara yang bagus akan sering mendikte tembakan Anda. Pelajari beberapa dasar-dasar audio beserta tip videografi.

9. Jangan memperbesar close-up
Secara umum, gambar kehilangan kualitas saat Anda memperbesar. Gambar juga cenderung shakier, terutama pada tembakan genggam, saat diperbesar. Jadi, bila memungkinkan, angkat kedua kaki Anda dan berjalanlah ke apapun yang Anda inginkan dari jarak dekat. Ini akan terlihat jauh lebih bersih dan lebih profesional.

10. Jangan terlalu terburu-buru (atau lagi, lanjutkan ke depan)
Kecenderungan umum bagi amatir adalah menembak apa saja dan segalanya. Karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan, mereka salah melakukan overshoot. Secara umum, saya telah menemukan bahwa untuk setiap jam rekaman profesional, saya akhirnya menggunakan sekitar satu menit dalam produksi akhir. (Jadi selama sepuluh jam pemotretan, saya berakhir dengan video 10 menit yang hebat).

Itulah 10 tips yang bias Anda lakukan agar video yang kamu buat layaknya hasil videographer professional. Ayo, jangan malas belajar ya?

Dan jika kamu bingung bagaimana membuat video yang bagus, kamu bisa hubungi jasaeditvideo.com atau hubungi kontak di bawah ini.

Costumer Service:

WA/Tlp: 085747004704

Atau datang ke kantor juga boleh di Jl. Pedak No 375 A, Karangbendo, Banguntapan

================================================

Jasa Pembuatan Bumper Video Logo, Jasa Pembuatan Video Viral, Jasa Pembuatan Video Iklan Murah, Bikin Video Marketing Animasi, Jasa Pembuatan Video Iklan Animasi, Bikin Video Marketing UKM, Jasa Pembuatan Video Personal Branding, Jasa Pembuatan Video Iklan Online, Bikin Video Marketing Murah Berkualitas, biaya jasa pembuatan video, cara bikin video marketing, cara membuat video marketing, harga jasa pembuatan video animasi, harga jasa pembuatan video company profile, harga jasa pembuatan video iklan, harga jasa pembuatan video profile, jasa pembuatan bumper video, jasa pembuatan video animasi, Jasa Pembuatan Video Animasi Marketing, jasa pembuatan video animasi murah, jasa pembuatan video company profile, jasa pembuatan video company profile murah, jasa pembuatan video company profile perusahaan, jasa pembuatan video dokumenter, jasa pembuatan video foto, jasa pembuatan video iklan, jasa pembuatan video interaktif, jasa pembuatan video intro, jasa pembuatan video, jasa pembuatan video murah, jasa pembuatan video presentasi, jasa pembuatan video produk, jasa pembuatan video profile, jasa pembuatan video profile sekolah, jasa pembuatan video promosi, jasa pembuatan video slideshow, jasa pembuatan video stop motion, jasa pembuatan video tutorial, jasa pembuatan video youtube

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 085747004704