Blog JEV

Kekurangan dan Kelebihan Marketing Online

Jika banyak anda temukan di artikel website yang membahas seputar marketing online dan selalu memiliki jargon positif tentang dunia marketing online, maka, sejatinya, kamu perlu sadar lebih dulu bahwa hal itu perlu dikoreksi. Memang benar, banyak pengusaha, entrepreneur, atau pekerjaan apa pun yang dilakukan di internet dan sukses. Tapi tidak berarti kita juga terjun langsung tanpa mengenai ilmunya. Sejatinya baik offline mau pun online, bisnis itu sama saja. Tanpa ilmu semua bisa berantakan.

Berikut artikel mengenai kekurangan dan kelebihan marketing online yang jarang di bahas oleh orang lain. Terutama, saya akan membahasnya mengenai video marketing atau marketing online menggunakan video.

Kelebihan Marketing Online Menggunakan Video

Dikutip dari topdraw bahwa marketing di televisi harganya jika di Amerika bisa $25 dollar setiap 1000 rumah yang memiliki televisi dan anda akan membayar setidaknya $1000 untuk iklan 30 detik di 1000 rumah tersebut. Masalahnya, banyak orang yang memiliki televisi akan mengganti channel mereka saat menemukan iklan. Sudah menjadi hal yang umum. Jika pun tidak, mereka akan mengabaikannya, tidur, membaca buku, makan, atau melakukan hal apa pun sampai iklan tersebut selesai. Sehingga Topdraw sendiri mengatakan untuk tidak lagi beriklan di televisi karena hanya akan mendapatkan kerugian dibandingkan keuntungan.

Topdraw menyarankan untuk beriklan di internet. Video marketing tersebut diiklankan di google. Oke. Menurutnya, iklan di google lebih realistis karena menggunakan sistem True View. Apa itu? True View adalah metode youtube untuk menghitung dengan benar pengakses video youtube yang tidak men-skip iklan pada video tersebut. Sehingga perhitungan menurut Topdraw orang Amerika akan membayar setidaknya $60 untuk 1000 penonton True View selama 30 detik. Sehingga perhitungannya jelas murah.

Kekurangan Marketing Online Menggunakan Video

Video online persaingannya sungguh luar biasa. Lain halnya untuk bisnis lokal atau offline. Katakanlah anda memiliki restoran di Surabaya. Lalu mengiklankannya melalui video dan diupload di Youtube. Video anda tentu akan kalah dengan mereka yang juga menghabiskan uang untuk mendapatkan lebih banyak penonton youtube (beberapa menggunakan SEO atau SMO). Belum lagi jika mereka menggunakan kata kunci yang mirip. Bisa jadi video anda akan tenggelam di Youtube. Memang anda tidak akan membayar mahal. Sedekar membuat video marketing bagus belum tentu juga bisa mendapatkan perhatian yang besar secara online.

Marketing online tidaklah gratis. Ingin tampil lebih lama di halaman satu google butuh biaya. Ingin tampil di setiap timeline di Facebook juga butuh biaya. Beriklan di twitter juga. Belum di youtube. Itu pun secara resmi loh. Kalau anda coba-coba beriklan tidak resmi semisal pada youtuber atau influencer, bisa saja, tapi jika tidak tepat sasaran, maka marketing online anda hanya buang-buang saja. Bahkan harga iklan di influencer sosial media juga tidaklah murah.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Buatlah video marketing yang tepat sasaran dengan produk anda. Jika memang produk anda mengharuskan untuk orang-orang datang ke lokasi tempat anda berada, maka offline lebih baik. Beriklanlah di televisi lokal. Itu jauh lebih baik. Cocok untuk anda yang memiliki distro, restoran, produk oleh-oleh, dan sebagainya. Intinya, anda maksimalkan dulu secara lokal.

Kemudian kenali lagi karakter dari produkmu. Jika produkmu memang khas anak muda yang tidak asing lagi dengan internet, maka memasang video marketing di youtube dan mengiklankannya disana adalah hal yang tepat. Tapi perlu diingat, kata kunci yang spesifik adalah yang terpenting. Semisal distro anak muda Surabaya. Maka jangan pernah menambah kata kunci untuk distro di jogja, bandung, dsb. Itu hanya akan video marketing anda terlihat di beragam orang yang sebenarnya jauh dari lokasi tempat anda berjualan. Ya, kalau memang anda juga menjalankan bisnis secara online. Jika tidak tentu merepotkan sekali.

Sekian dulu ulasan dari kami, jangan takut membuat video marketing untuk bisnismu. Tidak perlu khawatir apakah akan dionlinekan atau disebar offline melalui stasiun televisi yang ada. Anda harus memiliki setidaknya satu dulu video marketing produk bisnis anda. Diskusikan dengan MasBos untuk kebutuhan video digital anda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 085747004704