Blog JEV

Mudahnya Membuat Toko Online Sendiri

Keheranan muncul saat ternyata banyak sekali orang Indonesia melek internet tapi tidak juga paham hal-hal yang berkaitan dengan produktifitas hidup. Seakan-akan otak berhenti bekerja saat ditanya, “sudah cari di Google cara membuat blog gratis?” dan jawabannya geleng-geleng kepala. Apalagi jika ditanya, “sudah cari di Google cara membuat toko online?” Ya, jawaban yang sama.

Ada yang harus diperhatikan sebelum membaca artikel ini lebih jauh. Yaitu, tidak semua bisnis fisik harus di onlinekan. Begitu juga tidak semua bisnis online harus ada produk fisiknya Oke, lantas mengapa banyak orang di Indonesia begitu sulit untuk belajar bisnis online terutama membuat toko online? Berikut analisa sederhana yang bisa kamu baca.

Kurangnya Informasi

Sebagian orang yang kurang informasi akan mengatakan bahwa membuat toko online membutuhkan keahlian khusus atau kursus khusus. Sebagian yang lain akan mengatakan bahwa harus kuliah dulu di teknologi informatika baru bisa melakukannya. Kurangnya informasi inilah yang menyebabkan banyak orang enggan mengonlinekan produk mereka walau sudah terkenal sekali pun. Salah satu cara tentu harus mencari lebih banyak lagi informasi seputar cara membuat toko online tanpa harus menjadi programer.

Salah Memilih Pasar

Toko online dengan marketplace itu jelas berbeda loh. Kalau ada yang menyamakannya sampai sekarang, berarti harus diperbaiki lagi sudut pandangnya. Toko online berarti kita memiliki kewenangan penuh terhadap produk yang kita kelolah. Persaingan yang ada lebih luas karena kita juga bersaing dengan perusahaan besar yang namanya sering muncul di pencarian google dan juga di sosial media. Sedangkan marketplace kita harus siap jika suatu saat website tersebut bangkrut atau akun kita dihapus pihak website tanpa pemberitahuan. Manakah yang lebih menguntungkan? Kenali dulu jenis produkmu. Menjual jasa atau menjual barang? Baik memiliki toko online sendiri atau pun menjual di marketplace semua memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Pilih Vendor Jasa Pembuatan Toko Online Sesuai Keinginanmu

Memang pembuatan website toko online terkesan terlalu teknis dan sebagian orang tidak punya waktu dan ingin fokus hanya pada penjualan produk. Maka membuat toko online dari awal tidaklah cocok. Coba cari vendor jasa pembuatan toko online yang mampu memenuhi segala keinginanmu. Beberapa vendor jasa tersebut antara lain jejualan.com, atau vendor-vendor lain yang memiliki keahlian serupa. Bagaimana dengan biaya? Tentu toko online layaknya kita menyewa ruko kan? Mau di marketplace yang gratis sekali pun kita tetap harus berjuang dengan mereka yang telah membayar paket iklan sehingga produk mereka terus terlihat. Jadi tetap saja, untuk biaya, bersiaplah mengeluarkannya karena apa pun berkaitan dengan bisnis memang harus berbayar. Jangan mencari yang asal murah, tapi jgua harus terpercaya. Mahal sedikit tapi terjamin lebih membuat tenang. Siap mengonlinekan bisnismu? Silahkan hubungi kami untuk jasa marketing online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 085747004704